Cara Menanam Bunga Mawar Merah dan Merawat Bunga Mawar Merah

Cara Menanam Bunga Mawar Merah - Mawar merah merupakan salah satu bunga yang mengadung kesan romatisme sehingga bunga ini sering muncul dalam setiap film roman yang membuat kaum hawa jatuh hati ketika ada pria yang memberikannya bunga tersebut. Selain itu, bunga mawar juga menjadi symbol dari Ratu Bunga yang memiliki arti kehidupan religi dalam umat manusia sehingga banyak orang menyukai bunga ini. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang menanam bunga mawar dihalaman rumah mereka. Hal itu bertujuan untuk mempercantik halaman karena warna merah pada mawar selain memberikan warna indah juga mampu menarik mata untuk dilihat. Dengan begitu, apabila kalian tertarik untuk menanam bunga satu ini, anda harus tahu cara penanaman mawar merah sehingga nantinya bunga yang anda tanam bisa tumbuh subur dan berbunga lebat.

1. Pengenalan Mawar Merah

Mawar sendiri berasal dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur yang memiliki hawa sejuk. Akan tetapi dalam perkembangannya, tanaman hias ini menyebar didaerah yang beriklim dingin dan panas. Mawar sendiri masih tergolong dalam kelompok family Rosaceae yang umumnya spesies mawar ini berupa tanaman jenis semak yang berduri dan menjalar. Selain itu tingginya juga bisa mencapai 2 - 3 meter. Karena mawar bukan asli tanaman tropis maka sebagian besar yang tumbuh di asia tenggara merontokkan seluruh daunnya sehingga hanya beberapa jenis saja yang bisa selalu berdaun hijau selama tujuh tahun.



2. Jenis Mawar Merah

Bunga mawar yang ada di Indonesia sendiri kebanyakan berasal dari belanda dan rata-rata jenis bunga mawar yang tumbuh adalah Hybrid Tea dan medium dengan berbagai warna mulai dari warnamerah pekat, kuning, merah jambu, hingga warna putih sehingga bisa menghias sekitar rumah dengan sangat baik. Beberapa jenis mawar juga memiliki duri yang tidak berkembag dan tidak tajam. Selain itu, rata-rata jenis tanaman mawar ini juga memiliki sekitar 120 - 280 kuntum bunga /tahun. Sebetulnya, jenis tanaman bunga mawar ini memiliki jenis lebih dari 100 spesies yang sebagian besar tumbuh dibagian bumi belahan utara yang bersuhu sejuk. Karena keindahannya, meskipun tanaman ini memiliki duri akan tetapi banyak digemari oleh banyak orang dan sebagian besar mereka menanamnya di pot atau poly bag.

3. Manfaat mawar merah bagi kehidupan

Selain mampu mempercantik penampakan sekeliling rumah, ternyata mawar juga memiliki manfaat lain yang sangat bagus untuk kehidupan manusia. Salah satu manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman hias ini adalah bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Hal itu disebabkan karena tanaman ini mengadung vitamin c yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga keelastisitasan dan kelembaban pada kulit. Selain itu, bungamawar juga sangat bagus bagi kesehatan karena bisa mengobati batuk berdarah dan mengobati campak. Selain itu, mawar juga bisa mengatasi haid yang tidak teratur, mengatasi keputihan hingga penurunan bagian uterus. Namun meskipun begitu masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui berbagai manfaat didalam bunga mawar.

3. 1. Produk olahan bunga mawar

Memang, kebanyakan kita mengira bahwa mawar hanya bisa digunakan untuk hiasan bunga-bunga atau banyak untuk taburan dipemakaman atau ditempat lain. Akan tetapi, jika andakreatif ternyata mawar bisa diolah menjadi beberapa produk olahan yang memiliki khasiat cukup bagus. Produk olahan seperti apakah itu, berikut ini beberapa produk olahan yang bisa kita buat dari bunga mawar.
• Parfum
• Obat
• Olahan makanan
• Sirup
• teh

Dengan mengetahui beberapa olahan tersebut, tentu anda tidak akan rugi apabila menanam bunga mawar sebagai bisnis karena bungamawar bisa dibuat berbagai produk olahan.

4. Cara menanam mawar merah




Apabila anda tertarik untuk membudidayakan mawar merah, maka tentu anda harus mengetahui bagaimana cara menanam bunga mawar merah sehingga nantinya tanaman hias ini bisa berkembang dengan sangat baik. Cara-cara ini sendiri sangat bagus bagi anda yang ingin memproduksi bunga mawar dalam skala besar atau hanya hiasan dirumah belaka. Apa saja cara-cara yang perlu kalian lakukan, berikut ini tahapan-tahapan yang wajib diperhatikan.

4. 1. memilih Bibit

Langkah pertama dalam penanaman tentu adalah pemilihan bibit dan mempersiapkannya. Apabila kalian ingin praktis, anda bisa membeli bibit bunga mawar yang dijual ditempat penjualan bunga. Akan tetapi, pilihlah bibit yang bagus, sehat dan tidak berpenyakitan. Namun, kebanyakan orang melakukannya dengan cara stek.

4. 2. Menanam di Pekarangan atau di Pot

Setelah menemukan bibit unggulan untuk menanam bunga mawar, langkah selanjutnya adalah memilih dan mempersiapkan media tanam. Pada mediapot sendiri, untuk menanam bunga mawar anda bisa menggunakan pot tanah, pot semen, pot plastic atau polybag. Untuk jenis pot terbaik, anda bisa menggunakan jenis pot yang memiliki kemampuan drainase yang paling baik. Adapun ukuran pot yang digunakan bisa selera anda. Namun meskipun begitu, jangan memilih pot yang ukurannya terlalu kecil dan minimal pot tersebut memiliki diameter sekitar 25 cm. Akan tetapi, jangan pula menggunakan pot yang terlalu besar karena akan menyulitkan anda jika ingin memindahkan ke tempat lain.

4. 3. Mengolah tanah jika di pekarangan dan menanam dengan media

Setelah memilih media tanam, maka langkah selanjutnya adalah mengolah media tanam tersebut. Jika anda hendak menanam di media pot maka anda bisa mencapurkan tanah, pasir dan pupuk dengan perbandingannya adalah 4 : 1 : 4. Aduklah hingga tercampur rata dalam media tanaman tersebut. Da biarkanlah sekitar 15 hari. Adapun pada pupuk kandang yang terbaik adalah pupuk yang sudah difermentasikan. Selain itu, dasar pot juga perlu diisi kerikil ataupun pecahan genting agar air mudah keluar dan media tanam tidak terlalu lembab dan becek.

4. 4. Kebutuhan air dan sinar Matahari

Sebelum mengetahui kebutuhan air dan pencahayaan, tips menanam mawar yang wajib diperhatikan adalah saat penanaman. Kalian perlu memindahkan bibit yang ada di polybag secara hati-hati jangan sampai rusak. Letakkan bibit di tengah-tengah pot dan tambahkan media tanam hingga media semai tertutup. Selain itu juga usahakan agar pagkal batang tidak tertutup media tanam. Setelah itu tekan dengan perlahan. Hal ini bertujuan agar nantinya saat diberikan air, bibit mawar bisa berdiri tegak dan tidak roboh.

Adapun kebutuhan air yang diperlukan untuk tanaman bunga mawar, anda bisa menyiram tanaman seperlunya saja. Dengan kata lain, penyiraman dikondisikan dengan kondisi media tanam. Anda jangan menyiram tanaman secara berlebihan karena bisa membuat tanaman layu. Dengan begitu, anda hanya perlu menyiram tanaman 1 atau 2 kali saja sehari. Jangan biarkan kebanyakan air karena bisa membuat akar membusuk dan membuat tanaman mati. Adapun kebutuhan sinar matahari pada tanaman ini haruslah cukup. Dengan kata lain, anda harus menempatkan tanaman mawar ini ditempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Hal tersebut berguna untuk proses fotosintesisnya.

4. 5. Pemupukan yang baik untuk mawar merah

Cara penanaman mawar merah yang wajib diperhatikan adalah pemupukan. Seperti halnya tanaman lain, mawar juga perlu pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Adapun untuk pupuk yang terbaik untuk bunga mawar adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan. Akan tetapi jika anda kesulitan untuk mendapatkan pupuk kandang, anda bisa memberikannya pupuk NPK yang mengadung unsur Nitrogen, Fosfor, dan Kalium. Walaupun begitu, anda juga tidak perlu memberikan pupuk terlalu sering karena bisa membuat tanaman kering dan mati.

Saat melakukan pemupukan, diusahakan juga jangan sampai menyentuh batang tanaman bunga mawar. Jika anda menggunakan pupuk NPK, sebaiknya larutkan 1 sendok makan pupuk NPK dengan 5 liter air dan kemudian kocorkan 200ml per tanaman. Pemupukan sendiri bisa dilakukan setiap 15 atau 20 hari sekali.

5. Hama dan penyakit

Seperti tanaman pada umumnya, mawar juga terkadang terserang hama dan penyakit sehingga kita perlu mewaspadai keduanya. Salah satunya adalah dengan mengenal sejak dini hama dan penyakit tersebut. Beberapa hama yang sering menyerang tanaman mawar diantaranya adalah:
• Kutu daun
• Kumbang
• Siput berbulu
• Thrips
• Ulat daun
• Serangga malam
• Lalat
• Kutu batang
• Kumbang kecil

Adapun penyakit yang sering menyerang bunga mawar diantaranya adalah sebagai berikut:

• Bercak hitam
• Karat daun
• Tepung mildew
• Bengkak pangkal batang
• Mosaic
• Bercak daun
• Jamur upas
• Busuk bunga

5.1. cara mengatasi hama dan penyakit

untuk itu, agar anda bisa mengatasi permasalahan hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman kapanpun, maka anda bisa melakukan penyemprotan untuk menghindari hama dan penyakit lebih parah. Anda bisa melakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida dan atau fungisida agar mawar tidak terserang hama. Apabila mawar sudah terserang hama, maka pertumbuhan mawar akan terhambat dan selanjutnya mati. Untuk penyemprotan sendiri, ada bisa melakukannya minimal 1 bulan sekali.

7. Cara memanen mawar merah





Pemanenan bunga mawar biasanya dilakukan ketika bunga sudah berumur 4 - 5 bulan yaitu pada saat bunga 1 - 2 petal telah membuka dan kelopak masih melekap pada kuncupnya. Tips memanen mawar merah ini sendiri perlu anda cermati waktu pemanenan karena bisa mempengaruhi hasil panen. Untuk itu, waktu pemanenan ini sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari ketika intensitas matahari tidak terlalu tinggi dan agar bunga mawar tidak mudah layu ketika dipotong. Untuk memotong bunga ini sendiri sebaiknya dilakukan pada tangkai bunga tepat diatas mata tunas ke 2 atau ke 3 dari pangkal.

8. Menyimpan Hasil Panen Mawar merah dan lama Simpan

Setelah itu, ada bisa menyimpan bunga mawar tersebut ke tempat penyimpanan. Agar bisa disimpan dengan waktu yang cukup lama, maka sebaiknya anda simpan bunga mawar ini ditempat yang memiliki suhu dingin. Minimal suhu yang dibutuhkan adalah 2 - 5 derajat celcius agar kesegaran bunga tetap terjaga hingga beberapa bulan kedepan.

9. Cara memelihara mawar merah yang telah tumbuh

Agar mendapatkan hasil panen yang bagus, maka sebaiknya anda memelihara dan melakukan perawatan bunga sedari dini yaitu setelah mereka tumbuh. Adapun cara merawat tanaman bunga mawar setelah tumbuh bisa dilakukan dengan sebagai berikut.
• Potonglah tangkai-tangkai yang sudah kering atau yang terkena penyakit agar pertumbuhan tunas tidak terganggu
• Lakukan juga penyiangan tanaman minimal 2 minggu sekali yang berguna untuk menghilangkan gulma yang akan mengganggu tanaman tumbuh.
• Gunakan metode preventif penyemprotan untuk untuk mengendalikan gulma dan penyakit tanaman
• Jika daerah tempat penanaman memiliki curah hujan tinggi maka sebaiknya gunakan rumah plastic agar tidak mengganggu proses pertumbuhan dan keanekaragaman bunga.
• Sebaiknya tanam bunga mawar merah di lahan yang terkena sinar matahari yang cukup agar bunga mawar bisa tumbuh bagus.

10. Berapa Lama mawar dapat hidup

Lama hidup dari tanaman ini bisa dikatakan tergantung dari pemeliharaan tanaman itu sendiri sehingga jika anda ingin membuat tanaman ini bisa bertahan lebih lama sebaiknya melakukan pemeliharaan secara baik. Jika anda mampu memelihara tanaman ini secara baik maka tumbuhan hias ini bisa bertahan hingga 6 tahun. Disamping itu, bunga mawar juga bisa dipanen lebih banyak karena tanaman yang telah dipanen biasanya akan bisa dipanen kembali setelah usia 40 hingga 50 hari. Dari 1 m2 saja tanaman hias ini bisa memproduksi bunga sebanyak 120 - 160 tangkai per tahun.

11. Cara Mengganti Tanaman Mawar Merah lama dengan Mawar Baru

Adapun ketika anda melakukan pemeliharaan ada beberapa bunga yang terjangkit penyakit atau hama yang tidak bisa tertolong lagi, maka sebaiknya anda memotong atau mencabutnya dan diganti dengan tumbuhan yang baru. Setelah dicabut, anda bisa membakarnya karena tanaman yang terkena penyakit biasanya akan menular jika anda tidak membakarnya. Sedangkan bekas tanaman tersebut bisa anda olah lagi sebelum nantinya bisa ditanam dengan tumbuhan yang baru. Caranya pun cukup menanamnya seperti pertama kali anda menanamnya.

12. Stek/ cangkok mawar merah

Sebagai pelengkap tips menanam bunga mawar, maka mengetahui bagaimana cara melakukan stek dan cangkok adalah hal penting agar anda menghasilkan bibit tidak perlu dari biji mawar. Stek dan cangkok memang sangat bagus untuk perbanyakan tanaman hias satu ini. Jika ada ingin membuat stek sendiri maka anda bisa memilih batang bunga mawar yang sudah cukup tua. Potonglah menggunakan pisau tajam dan bersih sepanjang 10 cm. Setelah itu, kalian bisa mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Setelah itu, anda bisa memasukkan media tanam tersebut pada batang mawar. Tunggulah hingga muncul akar pada media tanam. Apabila sudah muncul akar, anda bisa memotongnya dan memindahkannya ke media tanam.

13. Cara membuat bibit baru dari biji

Akan tetapi jika anda masih bingung bagaimana cara membuat stek dan cangkok pada bunga mawar, anda bisa melakukannya dengan menggunakan biji. Meskipun menggunakan biji, anda juga jangan sembarangan dalam memilihnya sehingga nantinya akan menghasilkan tumbuhan yang bagus dan menghasilkan bunga yang cukup banyak. Cara menanam bunga mawar menggunakan bibit dari biji bisa dimulai dari pemilihan kualitas bibit. Mengetahui bibit berkualitas cukup mudah karena anda hanya perlu menenggelamkannya ke air, jika tenggelam maka biji tersebut memiliki kualitas yang bagus. Apabila sudah mendapatkan biji kualitas unggul, maka untuk membuatnya menjadi benih anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. ambil biji-biji terbaik tersebut (yang sudah dimasukkan kedalam air)
2. taruhlah biji tersebut di media semai
3. semaikan biji-biji tersebut dengan jarak antar baris sekitar 5 hingga 10 cm secara merata
4. diamkan biji yang sudah disemai selama 4 minggu hingga biji mulai berkecambah
5. jika sudah menjadi kecambah, bibit sudah bisa dipindah ke polybag
6. selama didalam media semai, anda juga perlu melakukan pemeliharaan seperti menyiram tempat penyemaian biji tanaman mawar secara berlanjut dan berilah pupuk secukupnya

Demikianlah beberapa Cara penanaman mawar merah yang bisa anda ketahui. Cara-cara tersebut sangat penting bagi anda yang benar-benar serius ingin membudidayakan mawar merah dikebun sebagai usaha anda.

Disclaimer: bila ada pertanyaan kirim ke sealkazz.mizzu@gmail.com
Disqus Comments