Beberapa Peran Perawat Lansia

Beberapa Peran Perawat Lansia - setiap orang tentu tidak ingin menyusahkan orang lain, akan tetapi kembali lagi pada fitrah dasar manusia yang tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Banyak hal yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia dan harus membutuhkan bantuan dari pihak lain. Seperti halnya seorang lansia, ia tentu membutuhkan bantuan orang lain untuk menunjang kehidupannya. Dengan adanya hal seperti ini maka banyak orang yang menawarkan diri untuk menjadi perawat lansia. Beragam pekerjaan terkait dengan peran perawat lansia akhirnya muncul. Jika kita melihat lebih dalam hal ini bisa disebut dengan simbiosis mutualisme, dimana salah satu pihak mendapatkan pekerjaan dan salah satu pihak terjaga dalam usia lanjutnya.

Orang usia lanjut atau lansia dalam perawatannya harus dibedakan dengan orang yang masih muda. Banyak perubahan yang akan dialami oleh seseorang saat memasuki usia lanjut. Mulai dari perubahan fisik akan tetapi juga masuk dalam perubahan fikiran. Dengan demikian peran perawat lansia sangatlah penting dan harus disesuaikan dengan keadaan yang dialami lansia itu sendiri. seorang perawat lansia tidak bisa sembarangan dalam memberikan perawatan kepada lansia, meskipun seorang lansia adalah seorang yang berusia lanjut akan tetapi dalam merawatnya harus memperhatikan beberapa hal penting. Oleh karena itu tidak boleh hanya bermodalkan kesabaran saja melainkan juga memerlukan beberapa hal dalam merawat lansia. Adapun beberapa peran perawat lansia adalah sebagai berikut (diambil dari wawancara yayasan perawat lansia terpercaya di jakarta) :





sumber: lowongan kerja perawat lansia terbaru

1. Melihat perubahan interaksi klien

Peran pertama seorang perawat lansia adalah melihat perubahan yang dialami oleh klien. Anda yang merawat lansia sebaiknya jeli dalam melihat perubahan yang dialami oleh pasien anda. Jangan sampai pasien anda merasa kurang terawat dikarenakan anda tidak jeli dalam melihat perubahan fisik. Banyak perubahan fisik yang akan dialami seorang lansia, salah satunya fisiknya menjadi lemah. Ini bukan berarti seorang lansia tersebut sakit, akan tetapi memang seperti itu keadaannya. Maka dari itu anda sebagai perawat lansia sebaiknya jeli dalam melihat pola perubahan semacam ini.

2. Memberikan bimbingan kepada klien, keluarga

Seorang perawat lansia harus sabar dalam memberikan bimbingan kepada klien serta keluarganya. Bimbingan tersebut sangatlah bermanfaat bagi klien serta keluarga itu sendiri. dengan adanya dukungan maka lansia serta keluarga akan bisa lebih bersemangat dalam menjalani hidup kedepannya nanti.

3. Memberikan motivasi kepada klien

Seorang perawat lansia harus bisa memotivasi seorang klien. Seorang yang sudah masuk usia lanjut membutuhkan motivasi agar tetap semangat dalam menjalani hidupnya. Motivasi sangat dibutuhkan lansia mengingat ia sudah memasuki usia lanjut dan butuh motivasi untuk menjalani hidup.

4. Menghilangkan rasa takut menjadi tua

Banyak mereka usia lanjut yang takut dalam menjalani masa tua. Nah hal ini yang harus dilakukan oleh perawat lansia dimana ia harus memberikan dukungan jika masa tua bukanlah sebuah hal yang menakutkan. Dengan adanya hal ini maka para lansia akan lebih bisa menerima kenyataan dan bahagia saat menjalani masa tua, jika para lansia bahagia saat menjalani masa tua maka ia rasa takut untuk menjadi tua ini akan hilang dengan sendirinya.

5. Membimbing orang usia lanjut untuk mencapai masa tua yang sehat

Peran terakhir seorang perawat lansia yaitu membimbing lansia untuk menuju masa tua yang sehat. Masa tua yang sehat merupakan impian setiap orang, dengan demikian maka sebagai perawat lansia anda sebaiknya mengajarkan bagaimana cara menjadi tua yang sehat.

Demikianlah beberapa peran perawat lansia , silahkan pahami peran di atas dan jadilah perawat lansia yang hebat.

Deskripsi: peran perawat lansia terdiri dari beberapa hal, adapun uraian lengkapnya bisa dilihat dalam artikel berikut ini.

Disclaimer: Gambar, dan artikel yang ada di web ini semua berasal dari DOKUMENTASI PRIBADI. Jika Anda ingin mengunduh gambar tersebut harap hubungi kami terlebih dahulu
Disqus Comments